Home VPS Tips Memilih VPS yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan Website Anda

Tips Memilih VPS yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan Website Anda

0
Tips Memilih VPS yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan Website Anda
Foto: fearlessflyer.com

Apakah Anda sedang membutuhkan informasi seputar tips memilih VPS? Seperti kita ketahui, Virtual Private Server atau VPS merupakan salah satu perangkat yang paling dibutuhkan dalam mengembangkan website secara professional. Perangkat ini mampu mengoptimalkan pengelolaan web dengan kinerja yang lebih baik ketimbang web hosting biasa. 

Dengan VPS, Anda bisa menentukan sendiri sistem operasi yang ingin dipilih, serta ingin menggunakan platform apa saja. Mengingat perannya yang strategis, Anda seharusnya bisa selektif memilih VPS yang paling sesuai dan harganya tetap terjangkau. Tanpa harus berpanjang kata, mari simak tips memilih VPS agar bisa mendukung performa website Anda berikut ini: 

1. Sesuaikan dengan Target Pengunjung

Ketika mulai membangun website, Anda pasti sudah menetapkan target pengunjung Anda, bukan? Misalnya, jika website mendukung bisnis travel dan pariwisata di dalam negeri, target pengunjungnya adalah para pengguna gadget yang ada di Indonesia. Tapi jika bisnis Anda berkaitan dengan praktik ekspor, target pengunjung yang lebih luas mencakup publik di luar negeri harus diupayakan. 

READ:  Review VPS di VULTR Terlengkap

VPS yang tepat akan membantu Anda menjangkau pengunjung sesuai agenda yang telah direncanakan di awal. Jangan ragu untuk meminta rekomendasi dari provider hosting pilihan Anda untuk meminta paket layanan VPS yang sesuai dengan agenda bisnis Anda.

2. Pertimbangkan Kapasitas Bandwidth dan Kecepatan Server

Tips memilih VPS yang selanjutnya adalah menyesuaikan potensi penggunaan bandwidth yang cocok agar tidak melebihi batas. Tujuannya untuk menghindari biaya tambahan ketika penggunaan bandwidth melewati kapasitas. Perhitungan bandwidth harus disesuaikan dengan target yang sudah Anda rancang sejak awal pembuatan website. Semakin tinggi potensi pengunjung, akan semakin besar pula kebutuhan bandwidth yang harus digunakan. 

Sebagai perbandingan, jika pengunjung website sekitar 1000 pengguna, maka kebutuhan bandwidth adalah 5 MB per pengunjung. Dengan perhitungan yang sama, dalam sebulan (30 ribu pengunjung) Anda membutuhkan 150 ribu MB atau 150 GB per bulannya. Jika Anda masih bingung menentukan kapasitas bandwidth, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan provider pilihan Anda. 

3. Pastikan VPS yang Anda Gunakan Menggunakan Teknologi Terbaru

Teknologi digital terus berkembang, begitu pula dengan VPS. Anda harus selektif memilih provider hosting yang selalu update teknologi, termasuk dalam pelayanan hosting VPS. Ciri-ciri VPS yang menggunakan teknologi terbaru tampak dari fiturnya. Di antaranya, ia dilengkapi fitur monitoring terhadap sejumlah komponen seperti CPU, Space, RAM, Disk dan yang lainnya. VPS juga seharusnya dilengkapi panel untuk kontrol remote seperti reinstall, reboot maupun shutdown. Teknologi terbaru akan memudahkan Anda dalam mengelola dan melakukan pengaturan yang diperlukan. 

READ:  Rekomendasi VPS Terbaik Luar Negeri 2022

4. Pastikan Keamanan Datanya Terjamin

Tips Memilih VPS yang selanjutnya berfokus pada masalah keamanan data. Anda harus menanyakan secara terperinci tentang protokol keamanan yang digunakan, misalnya apakah menggunakan XEN, KVM, openVZ atau perangkat lainnya. Provider yang bagus seharusnya bisa menjelaskan setiap paket layanan yang tersedia secara terperinci dan jujur termasuk urusan keamanan data.

Tapi bukan berarti system keamanan yang baik menuntut harga yang mahal. Justru saat ini ada banyak penyedia hosting VPS yang berkualitas, tapi tetap menyediakan harga yang paling terjangkau. Pada intinya, Tips Memilih VPS harus dimulai dari pemahaman tentang apa yang web Anda butuhkan. Selanjutnya, Anda hanya perlu selektif memilih provider yang kredibel, serta mampu menyediakan layanan dan paket yang mendukung bisnis Anda.