Home VPS Cara Memindahkan Hosting ke VPS dengan Mudah

Cara Memindahkan Hosting ke VPS dengan Mudah

0
Cara Memindahkan Hosting ke VPS dengan Mudah
Foto: tomsguide.com

Banyak pengembang web yang mencari cara memindahkan hosting ke VPS untuk meningkatkan performa website. Ini merupakan keputusan yang realistis, apalagi jika website yang dikelola digunakan untuk mendukung bisnis online, portal berita maupun tujuan komersial lainnya. VPS memungkinkan pengelolaan dan peningkatan performa website yang lebih maksimal dan dinamis. Penggunaan hosting VPS juga mencegah lemot dan down pada website ketika sedang ramai pengunjung. 

Pada dasarnya, migrasi hosting ke VPS relatif mudah. Jika Anda belum berpengalaman, mungkin ada beberapa kekhawatiran soal adaptasi perubahan hosting atau pengaturan lainnya. Tapi sebenarnya jika sudah tahu caranya, justru proses pemindahan hosting sangat mudah dan tidak perlu khawatir data-data di website Anda hilang. 

Meski begitu, sebelum Anda memutuskan untuk pindah ke VPS, pastikan Anda memilih yang kualitasnya bagus sehingga bisa memaksimalkan kinerja website yang sesuai harapan. Setelah memilih VPS dari provider yang tepat, mari ikuti langkah berikut ini untuk mulai menerapkan Cara Memindahkan Hosting ke VPS dengan mudah:  

READ:  Cara Beli Cloud VPS di Niagahoster dengan Harga Paling Murah

1. Backup Website Anda

Proses pemindahan hosting ke VPS harus didahului dengan proses backup. Ini merupakan salah satu langkah waspada agar file dan data di website tidak rusak selama proses pemindahan.  

2. Kelola VPS yang Ingin Digunakan

Mula-mula Anda harus mempelajari cara mengelola server VPS. Penggantian sistem operasi menggunakan VPS bisa mengandalkan hostinger agar langkah-langkahnya aman dan mudah. Ini bisa dimulai dengan membuka control panel, lalu pilih menu “Other Setting” untuk memilih Operating System yang ingin digunakan.

Proses install operating system membutuhkan waktu hingga beberapa menit. Setelah proses install selesai, lanjutkan dengan mengelola VPS dengan menyesuaikan IP Address, username, SSH Port dan data lainnya yang terdapat pada SSH Details. Selanjutnya, ikuti panduan untuk memasang Virtualmin dilanjutkan dengan membuat server virtual. 

READ:  Ciri-Ciri Tempat Beli VPS Yang Bagus

3. Transfer File Website ke VPS

Langkah ini dimulai dengan membuat koneksi ke server VPS lalu ubah direktori ke “Working” berdasarkan nama domain. Buka control panel hostinger untuk backup, lalu klik download dan pilih copy link address. Arsip juga harus diekstrak dalam bentuk folder baru di public_html. Dari file inilah Anda bisa memindahkan semua file dan berbagi ke server VPS. Anda juga perlu mentransfer file database ke VPS dengan mengikuti panduan Cara Memindahkan Hosting ke VPS yang mudah. 

5. Lakukan Penyesuaian Final

Ketika sudah mencapai tahap ini, Anda sudah berhasil mentransfer file website dan database MySQL ke server VPS. lanjutkan prosesnya dengan mengedit file wp-config.php agar situs bisa bekerja dengan normal. Anda juga perlu mengarahkan nama domain ke server VPS dari server hosting yang sebelumnya dipakai.

READ:  Rekomendasi Tempat Beli Hosting yang Bagus di 2022

Pada intinya, Cara Memindahkan Hosting ke VPS bisa berlangsung dengan cepat dan mudah ketika Anda mengikuti panduan yang tersedia. Hostinger menyajikan panduan lengkap dan terperinci seputar migrasi ke hosting VPS, sehingga bisa membantu para pengembang web. Meski begitu, Anda tetap harus membackup data website guna mengantisipasi eror atau kerusakan lainnya.  Selain menggunakan hostinger, Anda juga bisa menggunakan provider lainnya untuk memindahkan shared hosting ke VPS. Pilih provider yang paling bisa melayani dengan maksimal dan bisa menyuguhkan paket produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika masih bingung tentang Cara Memindahkan Hosting ke VPS, jangan ragu untuk mengontak provider hosting yang Anda pilih untuk memberikan petunjuk serta bantuan yang cepat dan solutif.