Home Hosting Panduan Mudah Cara Membuat Blog dengan WordPress

Panduan Mudah Cara Membuat Blog dengan WordPress

0
Panduan Mudah Cara Membuat Blog dengan WordPress
Foto: astradigital.id

Kepemilikan website dan blog seolah menjadi hal wajib di era digital saat ini. WordPress merupakan salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk membuat blog atau website. Berbagai template dan fitur pada wordpress memudahkan Anda untuk membuat blog dengan tujuan yang spesifik, misalnya untuk bisnis, aktualisasi diri, hingga tujuan spesifik lainnya. Apakah Anda sudah paham tentang cara membuat blog dengan WordPress?

Meskipun WordPress sangat populer, tidak sedikit orang yang belum tahu bagaimana cara menggunakannya, dan bagaimana membuat blog dari CMS yang satu ini. Jangan khawatir, sebab jika Anda sangat awam sekalipun, membuat blog dari WordPress relatif sangat mudah. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, mari simak panduan berikut ini:

1. Mengakses Situs Resmi WordPress

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke website resmi WordPress di www.wordpress.com. Anda bisa membukanya melalui PC maupun smartphone. Pada tampilan awal web, klik “Buat Situs Web Anda”. 

READ:  4 Rekomendasi Hosting Terbaik Indonesia 

2. Registrasi

Anda akan diarahkan pada halaman registrasi. Terdapat kolom yang harus Anda isi, meliputi alamat email, nama pengguna dan kata sandi, lalu klik “Buat Akun Anda”. Sebaiknya password Anda menggunakan kombinasi huruf, angka dan kapital agar keamanannya kuat.

3. Mendapatkan Alamat Blog

Anda akan mendapatkan nama rekomendasi untuk alamat blog atau website. Pilihlah yang paling mudah diingat dan unik. Selanjutnya, klik “Akan Menggunakan Alamat yang Gratis” jika Anda ingin membuat blog yang bebas biaya. 

4. Verifikasi 

Cara Membuat Blog Dengan WordPress relatif mudah dan singkat. Setelah mengisi kolom yang diminta, wordpress akan mengirim Link verifikasi. Klik link tersebut untuk bisa segera mengakses dan mengelola blog Anda.

5. Atur dan Post 

Anda bisa segera mengatur tata letak, tema, warna latar belakang dan hal lain yang dianggap perlu. Jangan lupa membuat judul dan tagline untuk menunjukkan ciri khas atau menegaskan tujuan pembuatan blog. Anda juga bisa segera menerbitkan artikel pertama Anda di WordPress.

Artikel dan postingan pada blog maupun website merupakan salah satu hal penting yang bisa meningkatkan traffic secara efektif. Karena itulah, pembuatan blog seharusnya didahului oleh perencanaan dan konsep yang spesifik agar disukai pengunjung. Postingan juga harus terus diperbaharui secara berkala agar pengunjung bisa mendapatkan informasi terbaru tentang apa yang sedang Anda promosikan.

6. Cara Membuat Blog dengan WodrPress agar Profesional

Membuat blog tanpa biaya relatif mudah. Anda hanya perlu mengikuti panduan dan mengisi informasi yang diminta. Tapi jika Anda ingin membuat blog yang profesional, sebaiknya Anda menggunakan hosting dan domain berbayar. Dengan cara ini, Anda berpeluang mendapatkan penghasilan yang menjanjikan dari blog atau website Anda. 

READ:  Rekomendasi WordPress Hosting Terbaik Indonesia 2022

Domain dan hosting akan membuat blog Anda lebih personal. Cara ini juga akan membuat Anda bisa memonetisasi blog serta mempersilakan iklan masuk dan menambah pendapatan Anda. Blog dan website yang profesional juga akan membuat Anda lebih mudah mengupsyakan traffick yang tinggi tanpa gangguan. 

Saat ini ada banyak layanan jasa yang menyediakan paket hosting dan domain dengan harga yang sangat terjangkau. Tugas Anda adalah memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan budget yang tersedia. Jika masih bingung tentang cara pengelolaan website profesional, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kalangan profesional. 

Demikianlah informasi tentang Cara Membuat Blog Dengan WordPress dengan cepat dan mudah. Semoga Anda bisa mengelolanya dengan tekun dan mengupayakan pembangunan website yang profesional.