Home Hosting Panduan Cara Membuat Website Apapun dengan WordPress

Panduan Cara Membuat Website Apapun dengan WordPress

0
Panduan Cara Membuat Website Apapun dengan WordPress
Foto: buildwithangga.com

Kepemilikan blog atau website sepertinya sudah menjadi hal wajib bagi setiap orang. Terutama jika Anda sedang menjalankan bisnis atau membangun brand tertentu. Website bisa menegaskan eksistensi dan kredibilitas, serta bisa diandalkan sebagai instrumen promosi yang efektif. Jika Anda seorang pemula, mungkin Anda penasaran tentang cara membuat website apapun dengan wordpress.

Seperti kita ketahui, wordpress merupakan salah satu media andalan bagi siapa saja yang ingin membuat website. Langkah pembuatannya pun sangat mudah, yakni dengan mengikuti panduan berikut ini: 

1. Tentukan Topik Website yang Ingin Dikembangkan

Ada beberapa topik website yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kepentingan. Di antara topik yang paling populer adalah blog, profil perusahaan atau situs e-commerce. Kontennya bisa berupa catatan perjalanan, promosi produk, review film dan yang lainnya sesuai preferensi dan kesukaan. Anda harus menetapkan topik sejak awal karena ini merupakan kerangka dasar yang akan digunakan dalam jangka panjang. Anda juga harus mempertimbangkan sasaran pengunjung serta konten yang nantinya akan diisi secara konsisten.

READ:  Rekomendasi VPS Terbaik Luar Negeri 2022

2. Tentukan Nama Domain 

Buatlah nama domain yang unik, mudah diingat dan memiliki ciri khas yang bisa mendukung popularitasnya. Platform besar seperti YouTube, Facebook atau yang lainnya merupakan contoh penggunaan nama yang singkat, khas dan mudah diingat. Jika Anda kesulitan menetapkan nama domain, cari rekomendasi yang paling sesuai. Setelah menetapkan nama domain, Anda bisa mengecek ketersediaannya. Artinya nama domain Anda belum pernah dipakai oleh pengguna lain. 

3. Pilih Web Hosting

Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan ketika Anda ingin memilih web hosting yang tepat. Di antaranya, tegaskan apa kebutuhan Anda dan bagaimana rencana Anda dalam pengelolaan web selama 12 bulan ke depan. Ini akan menjadi pertimbangan dalam memilih paket hosting yang paling sesuai kebutuhan. 

Pertimbangkan pula siapa provider web hosting yang ingin Anda ajak kerja sama. Pastikan pilihan Anda mampu menyediakan fasilitas uptime yang tinggi dan stabil, serta dilengkapi support pelanggan yang sigap, cepat dan solutif. Pengelolaan hosting juga seharusnya dirancang semudah mungkin dengan pilihan harga paling terjangkau. 

4. Masuk ke WordPress

Akan lebih mudah ketika Anda masuk ke wordpress melalui provider hosting tertentu. Mulailah dengan meng-install wordpress, lalu masukkan informasi penting meliputi alamat URL web yang telah terdaftar, pemilihan bahasa, serta mengisi Administrator Username dan Passwordnya. Anda juga harus mengisi Administrator email yang aktif agar bisa dengan mudah mendapatkan notifikasi.

Setelah melewati proses di atas, Anda bisa mulai menata tampilan website. Masukkan judul, tagline dan deskripsi singkat tentang website yang paling sesuai dengan agenda bisnis Anda. Selanjutnya, klik “Install”.

READ:  Tips Memilih Domain Untuk Website Bisnis

5. Tentukan Tema

Setelah selesai meng-install, pilihlah tema yang paling sesuai dengan karakteristik web Anda. WordPress menyuguhkan banyak pilihan yang relatif lengkap, baik yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Install tema yang terpilih agar bisa segera menerapkannya dalam tampilan website. Demikianlah informasi tentang Cara Membuat Website Apapun dengan WordPress. Selanjutnya Anda bisa mengelola konten dan upaya lainnya untuk membuat traffic pengunjung selalu meningkat. Beberapa plugin bisa diinstal untuk menyempurnakan tampilan, fungsi, dukungan dmin, perlindungan keamanan dan hal penting lainnya. Akhir kata, semoga Anda bisa membangun website yang berkualitas dan ramai pengunjung serta menyuguhkan konten yang konsisten. Ini merupakan awal yang baik bagi perkembangan bisnis yang berkelanjutan.