Home Hosting Cara Membackup Data Website Agar Aman

Cara Membackup Data Website Agar Aman

0
Cara Membackup Data Website Agar Aman
Foto: spiraldesigns.com.au

Backup data merupakan salah satu agenda terpenting dalam pengelolaan website. Ini merupakan langkah antisipasi agar data-data di website tetap aman sebab ada banyak kemungkinan gangguan, peretasan maupun hal tak diinginkan lainnya. Apakah Anda sudah tahu cara membackup data website dengan benar? 

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan utama, ada baiknya sama-dama mengetahui apa saja manfaat dari aktivitas perlindungan ini. Berikut ini beberapa manfaat dari backup data website: 

– Antisipasi Website Down

Ada masanya ketika web mengalami down-time untuk pembaruan sejumlah fitur. Jika Anda tidak memiliki data backup, potensi kehilangan daya akan sangat besar ketika web sudah kembali aktif. Backup harus dilakukan secara berkala agar Anda tidak kehilangan data-data penting dan tidak perlu membangun konten web dari awal lagi.

– Menyelamatkan Data yang Hilang Akibat Kerusakan Sistem Penyimpanan

READ:  Rekomendasi WordPress Hosting Terbaik Indonesia 2022

Website saat ini menggunakan sistem penyimpanan HDD maupun SSD. Mereka mampu menyimpan data dengan kapasitas yang sangat besar, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan sewaktu-waktu. Backup data akan membuat data-data Anda tetap selamat meski sistem penyimpanan web rusak.

– Mencegah Kerugian Atas Serangan Siber

Tidak ada yang pernah berharap mendapatkan serangan siber, dari mulai pencurian data, upaya login berkali-kali hingga masuknya virus. Tapi ketika serangan itu datang tak terduga, Anda sudah melakukan antisipasi dengan backup data. Kasus peretasan juga menjadi ancaman yang merepotkan. Tapi agenda pemulihan bisa berlangsung lancar ketika Anda sudah punya backup data.

Lantas apa saja Cara Membackup Data Website Agar Aman? Berikut ini panduannya untuk Anda: 

– Login Ke Halaman cPanel

Masuklah ke halaman cPanel untuk memulai proses backup. Anda bisa segera memilih kolom “File”, lalu pilih “Backup Wizard”. Selanjutnya, pilih “Back Up” ketika ingin memulai perlindungan data, atau pilih “Restore” untuk upaya pemulihan.

READ:  Mengenal Jenis-Jenis Hosting untuk Website

– Terima Hasil Backup

Anda akan dihadapkan pada pilihan selanjutnya jika ingin melakukan backup secara menyeluruh dengan Klik “Full Backup”. Untuk mendapatkan hasil backup, klik “Generate Backup” lalu masukkan email agar bisa menerima hasil backup melalui website.

– Download Hasil Backup dari Email

Setelah proses backup selesai, Anda akan menerima hasilnya di email. Hasil Backup berbentuk folder dengan format “.tar.gz,”. Agenda backup akan terdaftar pada halaman history Backup Wizard dan datanya sudah tersimpan dengan aman.

Jika Anda menggunakan provider Dewaweb, proses backup akan sangat mudah dan cepat dengan fitur JetBackup. Ini merupakan layanan bebas biaya yang bisa Anda gunakan untuk agenda backup secara berkala. Meski begitu, semua provider idealnya memiliki perangkat backup yang bisa memudahkan pelanggan dalam menyelamatkan data-data website dari kemungkinan hilang karena hal-hal yang tidak diinginkan.

READ:  Panduan Cara Membuat Website Apapun dengan Wordpress

Pada akhirnya, pembangunan website untuk tujuan apapun harus diiringi dengan sejumlah upaya yang berkelanjutan. Anda jangan hanya sibuk mengisi konten atau mengoptimalkan performa web, tapi lupa dengan risiko kehilangan data. Meskipun Anda menggunakan provider tercanggih sekalipun, sebaiknya proses backup tetap dilakukan secara berkala. Sebab tidak ada yang pernah tahu kapan serangan atau gangguan pada website datang dan mengancam keamanan data yang sudah Anda bangun. Demikianlah informasi tentang Cara Membackup Data Website Agar Aman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, serta bisa berdampak baik bagi pengelolaan website yang penuh dengan kewaspadaan. Jangan ragu untuk meminta bantuan pada provider hosting web pilihan Anda jika mengalami kesulitan dalam membackup data website.