Home Bansos Begini Cara Dapat Dana Bantuan Sosial Anak Sekolah Rp4,4jt Tahun 2022

Begini Cara Dapat Dana Bantuan Sosial Anak Sekolah Rp4,4jt Tahun 2022

0
Begini Cara Dapat Dana Bantuan Sosial Anak Sekolah Rp4,4jt Tahun 2022
Foto: kaltim.prokal.co

Ngebisnis.com – Dalam membantu masyarakat pemerintah Indonesia pada tahun 2022 ini mengeluarkan berbagai program bantuan dana sosial melalui kementerian sosial, yang salah satunya adalah dana bantuan sosial BLT Anak Sekolah 2022 (Bantuan Langsung Tunai). Program ini merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Melalui program ini keluarga yang mempunyai anak usia sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, hingga SMA bisa mendapatkan bantuan dana hingga total Rp4,4jt. Apakah ini merupakan pinjaman online? Bukan, BLT ini bukan merupakan pinjaman online OJK ataupun jenis pinjaman uang bunga rendah lainnya. Bantuan Dana Sosial Pelajar ini merupakan program pemerintah yang dikhususkan untuk membantu keluarga Indonesia yang masih mempunyai anak usia sekolah.

Hampir serupa dengan bantuan UMKM tahap 3, program BLT anak sekolah 2022 ini akan dicairkan kedalam 4 tahap, yaitu tahap pertama pada bulan Januari-Maret. Lalu tahap kedua cair pada bulan April-Juni, tahap 3 cair di bulan Juli-September, dan terakhir tahap 4 pada bulan Oktober-Desember 2022.

Besar Dana Bantuan Sosial Anak Sekolah

Besaran bantuan dana sosial BLT anak sekolah 2022 yang akan didapat bisa hingga Rp4,4 juta, dengan rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Rp900 ribu bagi siswa SD sederajat

2. Rp1,5 juta per bagi siswa SMP sederajat

3. Rp2 juta bagi siswa SMA sederajat

Lihat:

Lantas, bagaimana cara mendapatkan bansos ini? Nah, untuk mendapatkan bantuan dana sosial BLT anak sekolah 2022, salah satu syaratnya orangtua siswa haruslah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

Selain itu persyaratan lainnya untuk mendapatkan Bantuan Dana Sosial Anak Sekolah sebagaimana yang dikemukakan di laman kemensos adalah sebagai berikut:

1. Siswa harus mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)

2. Siswa sudah terdaftar di Lembaga pendidikan formal atau non-formal sesuai daerah masing-masing

3. Siswa yang memiliki KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan

Baca juga: Cara Trading Saham Untuk Pemula Secara Online

4. Bagi siswa yang tidak memiliki KIP, pendaftaran bantuan dana sosial BLT untuk anak sekolah dapat dilakukan dengan melakukan pendaftaran ke lembaga dinas pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

5. Bagi siswa yang tidak mempunyai KKS, maka orangtua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga kelurahan sebagai syarat mendaftarkan ke dinas pendidikan.

Baca juga: Cara Memilih Saham Syariah Terbaik Untuk Tambah Cuan

Jika dirasa semua persyaratan sudah dilengkapi, selanjutnya Anda tinggal mendaftar untuk mendapatkan bantuan dana sosial BLT Anak sekolah 2022 secara online sebagai berikut, di link daftar bansos online. O ya, sekali lagi ini bukan merupakan aplikasi pinjam uang ya, namun aplikasi bantuan dari kemensos mirip aplikasi bantuan UMKM. Silakan cek nama Anda atau daftar di sini.