Home VPS Cara Membuat Email di VPS untuk Bisnis yang Profesional

Cara Membuat Email di VPS untuk Bisnis yang Profesional

0
Cara Membuat Email di VPS untuk Bisnis yang Profesional
Foto: yocta.com

Memiliki email sendiri merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Maksudnya, Anda tidak lagi menumpang pada gmail, yahoo atau media lainnya, sebab Anda memiliki alamat email dengan perpanjangan yang eksklusif dan khas. Ada berbagai cara membuat email di VPS atau di media lainnya dan caranya relatif mudah. Artikel kali ini akan fokus membahas petunjuk pembuatan email dengan VPS maupun dengan cara lainnya. 

Sebelum memulai praktik pembuatan email dengan ekstensi yang eksklusif, pastikan Anda sudah memiliki website yang berkinerja optimal. Di antara ciri-cirinya yakni memiliki traffic yang tinggi dan kontennya lengkap serta update. Website yang bagus juga anti lemot dan tidak mengenal kata nge-down. 

Untuk mencapai hal ini, Anda harus memilih hosting yang berkualitas dan berkapasitas maksimal. Hosting yang bagus juga membuka peluang Anda untuk mendapatkan petunjuk tentang cara membuat email di VPS dan di tempat lainnya. Mari simak uraian berikut ini untuk panduan membuat email dengan domain sendiri melalui VPS:  

READ:  5 Rekomendasi VPS Terbaik Indonesia di 2022

1. Registrasi ke Yandex 

Silakan mengakses passport.yandex.com/registration/ untuk registrasi. Daftarkan domain Anda di alamat connect.yandex.com/pdd/. Akses ini hanya berlaku jika Anda menggunakan VPS Unmanaged. Atau tidak menggunakan cPanel. Sekilas informasi, VPS unmanaged memungkinkan pengelolaan dan pemeliharaan VPS di bawah tanggung jawab pengguna. Jadi Anda seharusnya memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang hosting dan VPS agar penggunaannya maksimal.

2. Lakukan Verifikasi Domain

Setelah registrtasi domain selesai, lakukan verifikasi dengan Meta tag, WHOIS, Html file, atau DNS Record. Jika Anda menggunakan Cloudflare, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan DNS Record untuk cara verifikasi termudah. Anda hanya perlu login, lalu pilih nama domain dan lakukan pengaturan sesuai petunjuk. 

3. Verifikasi Ulang Akun

Anda harus masuk ke halaman Yandex yang sebelumnya untuk melakukan verifikasi. Jika semua proses dilakukan dengan benar, Anda bisa segera memulai verifikasi dengan proses menunggu hingga sekitar 15 menit. Setelah verifikasi Anda dikonfirmasi, tunggu selama 24 jam untuk melakukan verifikasi ulang. 

4. Mencegah Email Terdeteksi Spam

Jika Cara Membuat Email di VPS dilakukan sesuai petunjuk, maka Anda sudah bisa mendapatkan email yang khas dan eksklusif. Masukkan data dan verifikasi dengan benar, lalu lakukan pengaturan sesuai petunjuk. Tapi dalam beberapa kasus, email terdeteksi spam. Hal ini harus dicegah dengan mengisi kolom Type dengan TXT dan kolom name diisi dengan @. 

Selanjutnya, isi “Click to Configure” dengan “v=spf1 redirect=_spf.yandex.net”, lalu “Add Record”. Pengaturan dilanjutkan dengan Klik connect.yandex.com/portal/admin/customization/mail, lalu pilih tab DKIM Signatures. Di sana Anda perlu memilih “tampil public domain keys”.

READ:  Rekomendasi VPS Terbaik Luar Negeri 2022

5. Cek Ulang Pengaturan Email

Buka kembali Cloudflare lalu lakukan pengaturan, di mana Anda perlu mengisi kolom name dengan “mail._domainkey”, lalu Click to Configure diisi dengan public domain keys yang sebelumnya. Selanjutnya Add Record. Jika email masih masuk spam, delete dan ulangi kembai pengaturan sesuai petunjuk di atas. 

Sebagai catatan penutup, Cara Membuat Email di VPS sesuai petunjuk di atas hanya bisa dilakukan jika domain masih aktif, email dan hosting sebelumnya masih aktif serta Yandex Anda juga aktif. Jika Anda masih bingung dengan caranya, jangan ragu untuk berkonsultasi dan minta petunjuk pada ahli atau mereka yang sudah berpengalaman. Tentu saja membuat email dengan VPS bukanlah satu-satunya cara. Anda juga bisa membuat email sendiri dengan menggunakan cara lainnya, misalnya lewat cPanel, Gmail, bahkan tanpa hosting.