Home Asuransi Syariah Adakah Asuransi Syariah BSI? Ini Penjelasannya…

Adakah Asuransi Syariah BSI? Ini Penjelasannya…

0
Adakah Asuransi Syariah BSI? Ini Penjelasannya…

BSI merupakan singkatan dari Bank Syariah Indonesia. Apakah ada asuransi syariah BSI? Saat ini BSI berupa bank yang belum memiliki produk asuransi. Namun beberapa perusahaan asuransi bekerja sama dengan BSI.

Mengenal BSI

BSI adalah bank syariah yang dibentuk dari gabungan beberapa bank syariah BUMN. Sebelumnya beberapa bank BUMN juga memiliki usaha berbasis syariah. Efisiensi dan efektivitas usaha berbasis syariah bisa didapatkan dengan penggabungan beberapa bank tersebut.

BSI berdiri sejak 1 Februari 2021. Terbentuknya BSI merupakan proses penggabungan Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Penggabungan diharapkan bisa menyatukan kelebihan dari ketiga bank syariah. Adanya penyatuan ini bisa memberikan jangkauan yang lebih luas, layanan yang lebih lengkap, serta kapasitas permodalan yang lebih baik.

Seperti bank syariah lainnya, BSI menawarkan produk tabungan, pembiayaan, serta investasi. Lalu bagaimana dengan asuransi syariah BSI? Sejauh ini BSI belum memiliki produk asuransi syariah. Namun BSI bekerja sama dengan perusahaan asuransi lainnya untuk memberikan layanan kustodian.

READ:  Produk Asuransi Mobil Syariah untuk Perlindungan Kerusakan dan Kehilangan

Produk asuransi syariah di Indonesia bisa didapatkan dari berbagai perusahaan asuransi yang ada. BSI sendiri masih fokus pada bidang perbankan sehingga tidak menerbitkan produk asuransi.

Layanan dan Produk BSI

Bank Syariah Indonesia menawarkan banyak layanan yang bermanfaat bagi para nasabah. Berikut ini beberapa layanan dan produk dari BSI:

  1. Tabungan

Ada beberapa jenis tabungan BSI yang bisa dipilih. Jenisnya antara lain tabungan valas, tabungan bisnis, tabungan pendidikan, tabungan pensiun, dan tabungan haji.

  1. Haji dan Umroh

BSI memiliki produk tabungan haji dan umroh. Beberapa jenisnya yaitu Tabungan Haji Indonesia, BSI Tabungan Haji Muda Indonesia, Tabungan perencanaan haji dan Umroh, dan Rekening Tabungan Haji Indonesia dan Haji Muda Indonesia.

  1. Pembiayaan

Sama seperti bank lainnya, BSI juga menawarkan bantuan pembiayaan bagi nasabahnya. Beberapa jenis pembiayaan yang ditawarkan yaitu BSI Griya Simuda, BSI Multiguna Hasanah,

BSI Griya Hasanah, BSI OTO, BSI Pensiun Berkah, BSI Pensiun Berkah, BSI KPR Sejahtera, dan lain-lain.

  1. Investasi

Nasabah yang ingin berinvestasi secara syariah bisa melalui BSI. Tersedia beragam produk investasi seperti BSI Deposito Valas dan BSI Deposito rupiah. Investasi rupiah merupakan investasi berjangka yang dikelola dengan akad Mudharabah. Produk investasi ini ditujukan bagi nasabah perorangan dan perusahaan dalam mata uang rupiah.

  1. Emas

BSI menawarkan produk terkait emas yaitu gadai emas dan cicil emas.

  1. Gadai emas

Gadai Emas merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh uang tunai dengan cepat.

  • Cicil emas

Cicil emas berupa pembiayaan emas batangan dengan minimal  10 gram. Cicil emas bisa dilakukan dengan  menyisihkan dana sebesar Rp.4.000 per hari.

READ:  Yang Perlu Diketahui dari Asuransi Syariah Kesehatan!

Produk dan layanan yang ditawarkan sejauh ini belum ada yang berbentuk asuransi syariah BSI. Nasabah yang ingin berasuransi bisa melalui perusahaan asuransi syariah yang sudah berizin.

Terkait asuransi, BSI memberikan layanan kustodian bagi perusahaan asuransi dan reasuransi. BSI menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Reasuransi Syariah Indonesia, PT Reasuransi Nasional Indonesia dan PT Asuransi Takaful Keluarga. BSI ditunjuk sebagai bank umum syariah yang menyediakan jasa layanan kustodian. BSI juga memberikan layanan berupa safe keeping dan administrasi pendanaan. Ada juga layanan berupa wali amanat untuk kepentingan investor.

Jadi asuransi syariah BSI sendiri sebenarnya tidak ada. BSI masih bergerak  di bidang perbankan syariah tanpa mengeluarkan produk asuransi. Perusahaan asuransi syariah di Indonesia sendiri sudah cukup banyak sehingga bisa  menjadi pilihan.