Home Asuransi Syariah Daftar Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia

Daftar Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia

0
Daftar Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia

Selain bank syariah, perusahaan asuransi syariah juga berkembang di Indonesia. Sebagai negara dengan muslim terbanyak, kebutuhan akan lembaga keuangan syariah tidak bisa dihindari. Banyak perusahaan konvensional yang kemudian ikut mengembangkan keuangan berbasis syariah.

Di Indonesia, perusahaan asuransi konvensional banyak yang juga menawarkan produk asuransi syariah. Namun ada juga perusahaan asuransi yang memang didirikan dengan berbasis syariah. Berikut beberapa perusahaan asuransi syariah di Indonesia:

  1. Asuransi Amanah Ghita

Asuransi Amanah Ghita atau PT Asuransi Jiwa Syariah Amanah Jiwa Giri Artha didirikan oleh Dana Pensiun Perhutani dan ESQ Group (PT Arga Cipta Grande). Perusahaan asuransi ini tak hanya melayani para stakeholders namun juga masyarakat umum. Produk asuransi yang dikembangkan yaitu asuransi wisata dan layanan asuransi lainnya, seperti Bancassurance, baik untuk perusahaan atau individu.

  1. Asuransi Syariah Takaful Keluarga

Takaful Keluarga merupakan pelopor perusahaan asuransi jiwa syariah yang ada di Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1994. Produk asuransi yang dikembangkan antara lain asuransi jiwa, kesehatan, perencanaan pendidikan anak, perencanaan hari tua, serta perencanaan investasi. Jenis asuransinya tidak hanya untuk personal saja namun juga untuk perusahaan. Takaful juga memiliki produk asuransi jiwa bagi perusahaan perbankan untuk menjamin risiko bisnis dengan nasabahnya.

  1. Allianz Syariah
READ:  Asuransi Syariah Bumiputera dan Produk-Produknya

Sebagai salah satu perusahaan asuransi di Indonesia, Allianz juga memiliki unit usaha berbasis syariah. Allianz Syariah sendiri telah berdiri sejak tahun 2006. Sejak itu pula sudah banyak penghargaan yang diraih oleh unit usaha asuransi syariah ini. Salah satu penghargaan yang diraih yaitu The Best Sharia Unit Life Insurance Iconomics Syariah Award in 2021.

  1. Asuransi Al Amin

Asuransi Al Amin merupakan salah satu perusahaanasuransisyariahyang berkembang di Indonesia. Produk yang ditawarkan antara lain At Ta’amin Pembiayaan Mikro dan At Ta’amin Siswa Dinar. Produk At Ta’amin Siswa Dinar merupakan jenis asuransi jiwa untuk siswa atau mahasiswa yang memberi manfaat pada peserta yang mengalami risiko meninggal dunia.

  1. Asuransi Syariah Keluarga Indonesia
READ:  Bolehkah Asuransi Menurut Islam? Ini Jawabannya

Asyki atau Asuransi Syariah Keluarga Indonesia merupakan perusahaan asuransi berbasis syariah yang berdiri sejak tahun 2015. Asyki adalah pelopor asuransi Mikro Syariah di Indonesia. Ada tiga jenis asuransi yang ditawarkan yaitu asuransi mikro, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa. Program asuransi yang ditawarkan sangat beragam seperti Program Mu’awanah Berencana Ikhtiar Umrah bagi yang ingin beribadah umrah.

  1. JMA Syariah

PT. Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk, (JMA Syariah) berdiri pada tanggal 15 Agustus 2014. Perusahaan ini didirikan oleh KOSPIN JASA dan pelaku ekonomi koperasi Indonesia. Produk asuransinya terbagi atas JMA individu dan JMA kumpulan. JMA individu terdiri dari JMA Ilma (pendidikan), JMA Mumtaza (dana pensiun), JMA Asyifa (kesehatan), JMA Salama (asuransi mikro), dan JMA Aghnia (investasi).

  1. Bumiputera Syariah
READ:  Asuransi Syariah Emas, Antara Asuransi dan Investasi

Bumiputera Syariah merupakan perusahaan asuransi berbasis syariah yang berdiri sejak 2016. Perusahaan ini awalnya berupa unit usaha syariah di perusahaan asuransi Bumiputera. PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera memiliki jaringan yang cukup luas dengan 50 Kantor Pemasaran Syariah (KPS) di 39 kota.

  1. Capital Life Syariah

PT Capital Life Syariah merupakan perusahaan asuransi yang cukup mendapat banyak penghargaan. Perusahaan ini disebut menduduki posisi pertama pada kontribusi untuk Industri Asuransi Jiwa Syariah dan Unit Syariah. Jenis asuransinya beragam mulai dari asuransi jiwa sampai asuransi dengan investasi.

Perusahaan asuransi syariah terus mengalami perkembangan yang positif. Masyarakat di Indonesia juga mulai banyak yang peduli atas kebutuhan produk asuransi berbasis syariah. Produk-produk asuransi syariah yang ditawarkan juga mulai beragam disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.