Home Hosting Mengenal Jenis-Jenis Hosting untuk Website

Mengenal Jenis-Jenis Hosting untuk Website

0
Mengenal Jenis-Jenis Hosting untuk Website
Foto: borobudurnews.com

Agenda promosi digital tidak akan lengkap tanpa pengelolaan website. Di sisi lain, pengembangan web akan efektif ketika Anda bisa memilih layanan hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan. Faktanya, jenis-jenis hosting mempengaruhi kinerja dan performa website. Jika Anda bisa memilih jenis yang tepat dan sesuai budge, Anda berpeluang untuk mengoptimalkan bisnis Anda secara efektif di dunia digital.

Lantas apa saja jenis-jenis hosting yang bisa menjadi pilihan dalam pengembangan website? Mari simak uraian berikut ini untuk mengetahui penjelasannya: 

1. Shared Hosting

Ini merupakan jenis hosting dengan tarif paling ekonomis. Ketika Anda menggunakan hosting jenis ini, Anda akan mendapatkan layanan web bersama-sama dengan beberapa website lainnya. Ibarat mengontrak di rumah susun, Anda memiliki tempat tinggal sendiri, tapi jalanan, akses instalasi air dan listrik harus digunakan bersama-sama. Shared hosting sangat cocok untuk mengembangkan website tahap awal. Ini juga bisa efektif bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang tetap ingin eksis dan optimal melalui website.

READ:  Cara Beli Hosting di Niagahoster Paling Mudah dan Praktis

2. Dedicated Hosting

Jenis-jenis hosting yang selanjutnya adalah dedicated hosting yang merupakan kebalikan dari Shared hosting. Di sini, Anda akan dilayani dari sumber tunggal sehingga Anda tidak perlu berbagi hosting dengan yang lainnya. Penggunaan dedicated hosting membuat Anda lebih leluasa dalam mengelola penyimpanan file, bandwidth atau sumber daya website lainnya. 

Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis paket dengan tarif yang beragam. Tentu saja tarifnya akan lebih tinggi dari pada menggunakan Shared hosting. Tapi ini sesuai dengan layanan tunggal yang diberikan. Karenanya, penggunaan dedicated hosting sangat cocok untuk perusahaan besar dengan jumlah pengunjung yang selalu ramai.

3. VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS merupakan jenis web hosting yang menjamin ketersediaan sumber daya dengan teknologi virtual. Konsepnya sama dengan Shared hosting, tapi Anda bisa mengelola server dengan lebih mudah dan dinamis serta server yang lebih stabil. Kabar baiknya, kebanyakan provider tidak membagikan pelayanan kepada beberapa website sehingga Anda bisa lebih leluasa menggunakan layanan yang tersedia.

READ:  Rekomendasi Hosting Paling Murah Tapi Berkualitas

Dengan teknologi virtualisasi, VPS Hosting cocok digunakan oleh perusahaan besar yang menginginkan traffic yang tinggi dan stabil. Hosting jenis ini juga mendukung operasional perusahaan yang stabil dan aman.

4. Cloud Hosting

Ini merupakan web hosting versi terbaru yang menggunakan konsep komputasi awan. Jika Anda memilih hosting jenis ini, selamat menikmati kecepatan yang lebih baik, serta servernya lebih banyak bahkan melibatkan berbagai area di seluruh penjuru dunia. Cloud hosting juga lebih aman dan stabil karena prinsip kerjanya saling melengkapi. Maksudnya, ketika ada salah satu server yang mengalami gangguan, server lain akan segera menggantikannya. 

Hanya saja untuk mendapatkan layanan hosting ini, Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam. Layanan cloud hosting dinilai lebih canggih, makanya paket harganya pun lebih tinggi. Tapi uang yang Anda keluarkan sebanding dengan kebutuhan Anda dalam mengembangkan website dengan traffic tinggi.

READ:  Macam-Macam Control Panel Hosting

5. Managed WordPress Hosting

Jenis hosting yang satu ini dikhususkan untuk mengelola website berbasis platform wordpress. Seperti kita ketahui, WordPress merupakan salah satu penyedia layanan website paling populer. Maanaged Hosting pada wordpress melengkapi layanan web agar berjalan lancar sebagai dukungan bagi para pelanggannya. Fitur-fitur yang tersedia di sini meliputi update situs otomatis, backup otomatis, keamanan, kecepatan dan yang lainnya.  Demikianlah informasi tentang Jenis-jenis Hosting untuk website. Yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan website Anda?