Home Domain Cara Membuat Blog di Blogspot dengan Domain Sendiri Menggunakan Client Area

Cara Membuat Blog di Blogspot dengan Domain Sendiri Menggunakan Client Area

0
Cara Membuat Blog di Blogspot dengan Domain Sendiri Menggunakan Client Area
Foto: liputan6.com

Bagi blogger, keberadaan blogspot memang menguntungkan. Blogspot sendiri merupakan platform untuk berbagi tulisan, gambar dan video. Dengan akses internet, isi blog dapat dibaca oleh seluruh orang. Media kreativitas ini memiliki bertuliskan subdomain blogspot.com. Tapi, sekarang kamu bisa mengganti domain sesuai dengan keinginan. Cara membuat blog di blogspot dengan domain sendiri, bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Masuk pada Client Area
    Pertama, kamu membuka dulu https://my.domainesia.com di browser. Kemudian lakukan login dengan mengisi kolom username dan password. Jika belum memiliki akun, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Ini artinya, perlu membeli domain untuk membuat nama hosting.
  2. Memilih Custom Domain
    Lalu, kamu akan mendapati jendela Client Area. Sehingga kamu bisa mengatur setiap produk yang telah dibeli sebelumnya. Karena ingin menggunakan nama domain sendiri, maka pilihlah menu Domains. Menu ini terleak pada sidebar sebelah kiri. Berikan tanda centang pada domain yang sesuai keinginan.
  3. Mengecek Nama ServerUntuk mengubah domain secara custom, terlebih dahulu memastikan Nameserver. Pada kondisi ini, pilihlah “Use default nameservers”. Pilihan ini berguna jika ingin menampilkan domain sendiri pada blog atau setting domain forwarding. Kamu bisa nameserver yang berbeda. Sehingga perlu melakukan pengecekan apakah sudah sesuai dengan Client Area.
  4. Memilih Pengaturan Blogger
    Selanjutnya akan muncul halaman baru. Di halaman ini, kamu akan melakukan pengaturan blogger. Caranya, klik “Setting”. Lalu pilihlah “Blogger Settings”.
  5. Mengatur Akun Blogspot
    Masuklah ke dalam akun blog-mu dari browser lain. Caranya, ketik www.blogspot.com. Kemudian login menggunakan email dan password yang didaftarkan. Lalu pilihlah menu “Settings”. Beralihlah pada kolom sebelah kanan. Lakukan pengecekan pada “Publishing”. Jika ingin membuat domain sendiri, maka klik “Custom Domain”.

    Ketikkan nama domain yang diinginkan pada kolom yang tersedia. Ingat selalu untuk menggunakan “www” dibagian depan, sebelum nama domain. Jika sudah yakin, lanjutkan dengan klik “Save”.

    Kamu akan disajikan berupa tulisan peringatan error dari blogspot. Tapi, ini bukan berarti tidak berhasil. Hanya saja, masih perlu proses sinkronisasi dengan Domainesia. Untuk meneruskan sinkronisasi ini, kamu akan mendapatkan host unik dan record unik dari Google.
  6. Memasukkan Host & Record Unik Google
    Host dan record unik dari Google sangat diperlukan untuk membuat custom domain. Kembalilah pada browser Client Area. Pilih menu “Domains”. Kemudian klik pada bagian “Settings”. Kamu akan diarahkan pada jendela baru. Halaman ini berbentuk seperti form yang harus diisi. Pada bagian inilah kamu memasukkan host dan record unik Google. Lanjutkan dengan memilih “Save”. Tunggulah hingga proses penyimpanan berhasil.
  7. Mengecek DNS
    Jika sudah berhasil, maka kamu perlu mengecek penyambungan blog. Apakah blog sudah diarahkan pada domain. Klik menu “Domains”. Kemudian pilih “Addons”. Blog yang telah tersambung seharusnya memiliki 4 IP Address. IP tersebut didapatkan dari blog dan 2 akun CNAME.
  8. Mengatur Kembali Akun Blogspot
    Selanjutnya, kembalilah pada akun blogspot. Putar ulang jendela bertuliskan domain sendiri. Kemudian klik “Save”. Kali ini membutuhkan waktu lebih lama dari sebelumnya. Karena proses propagasi DNS membutuhkan setidaknya 24 jam.

    Jika telah berhasil, kamu akan mendapati jendela Settings. Dalam halaman tersebut berisi nama domain lama dan baru. Agar bisa langsung menuju alamat blog yag baru, aktifkan “Redirect domain”. Cara membuat blog di Blogspot dengan domain sendiri berhasil.
  9. Mengubah Setting HTTPS pada Blogger
    Ingin blog domain baru aman? Tidak ada salahnya mengaktifkan HTTPS. Caranya mudah! Yaitu tinggal mengaktifkan “HTTPS redirect”. Begitulah cara membuat blog di blogspot dengan domain sendiri. Pastinya ini akan membuat nama blog berbeda dan unik. Sehingga menarik orang untuk membaca konten yang kamu sajikan. Selamat mencoba!