Home Technology Tips Cara Bikin Tiktok Shop dengan Mudah

Tips Cara Bikin Tiktok Shop dengan Mudah

0
Tips Cara Bikin Tiktok Shop dengan Mudah
Foto: mediaindonesia.com

Tiktok yang dikenal sebagai platform video singkat memiliki layanan e-commerce berupa Tiktok Shop. Cara bikin Tiktok Shop bisa dilakukan melalui website atau aplikasi. Penjual bisa mendaftar dan membuka toko online untuk menjual produknya. Memiliki basis pengguna yang cukup banyak, Tiktok bisa menjadi salah satu tempat untuk memasarkan produk. Di sini pemasaran produk bisa dilakukan melalui video singkat serta live streaming. Seperti toko online lainnya, tersedia fitur pencarian produk, check out, dan pengecekan pengiriman.

Berjualan lewat Tiktok bisa menjadi peluang untuk lebih banyak menjual produk. Bagi pemilik toko online atau yang ingin berjualan online bisa dimulai dengan membuat akun Tiktok Shop. Berikut cara bikin Tiktok Shop:

  1. Buka aplikasi Tiktok Seller

Unduh aplikasi Tiktok Seller di Google Play. Aplikasi ditujukan bagi yang ingin membuka toko online di Tiktok. Setelah terunduh, selanjutnya bisa mendaftar/sign up atau masuk/log in. Jika belum memiliki akun, maka bisa mendaftar menggunakan nomor hp atau email. Selanjutnya verifikasi dengan kode yang terkirim.

  1. Verifikasi dokumen
READ:  Unveiling the Marvels: A Comprehensive Guide to Small Scientific Glass Tubes in Modern Research

Verifikasi informasi untuk membuat produk terlihat oleh pembeli. Bagi perusahaan perlu melampirkan NIB atau Nomor Induk Berusaha. Perusahaan baru bisa mendaftar secara online untuk mendapatkan NIB dari pemerintah. Sedangkan bagi individu perlu melampirkan foto KTP atau paspor. Selain itu juga mencantumkan nama toko. Diharap tidak menggunakan kata “Flagship” atau “Official” sebagai bagian dari nama toko. Jika merupakan penjual brand maka bisa melakukan kontak dengan manajer akun setelah registrasi.

  1. Menambahkan alamat dan kontak

Tambahkan alamat untuk penjemputan barang. Pilih area, mulai dari provinsi, kota, dan kelurahan. Isi alamat lengkap penjemputan seperti nama jalan, gang, dan nomor. Selanjutnya nama kontak untuk penjual dan juga nomor ponsel. Penjual bisa membuat alamat tersebut sebagai alamat untuk pengembalian barang.

  1. Tambahkan produk

Selanjutnya tambahkan produk baru yang ingin dijual. Tambahkan gambar produk, bisa sampai 9 gambar atau foto. Selanjutnya nama produk, lalu deskripsi produk. Pilih kategori produk tersebut. Ada banyak kategori yang bisa dipilih mulai dari Home Supplies, Kitchenware, Muslim Fashion, Shoes, Beauty and Personal Care, dan lain-lain. Pilih kategori sesuai dengan jenis produk yang dijual. Selanjutnya akan muncul informasi lain seperti tipe, harga, stock/jumlah, berat paket, dan pilihan COD. Setelah terisi, lalu lanjutkan dengan Activate.

  1. Menunggu review

Setelah menambahkan produk selanjutnya menunggu review. Jangan lupa untuk mengunggah dokumen verifikasi sehingga produk dapat terlihat oleh konsumen. Setelah produk selesai direview maka produk bisa dipasarkan di Tiktok.

Setelah menambahkan beberapa produk melalui Tiktok Seller, selanjutnya yaitu mempromosikannya. Promosi produk tersebut bisa menggunakan akun Tiktok pribadi atau kerja sama dengan akun Tiktok yang memiliki banyak pengikut. Ada juga pilihan iklan Tiktok atau Tiktok Ads. Mempromosikan produk memang kadang perlu mengeluarkan biaya tersendiri. Namun jika dilakukan dengan tepat maka bisa mendapatkan tambahan penjualan dan keuntungan.

READ:  What is the Best App to Make Quotes? This is Top Six!

Tiktok Shop bisa menjadi salah satu pilihan platform untuk menjual produk. Penjual bisa memiliki toko online di berbagai platform sehingga jaringannya bisa luas. Namun jika berjualan di banyak platform maka perlu manajemen yang baik sehingga tidak ada yang terabaikan. Cara bikin Tiktok Shop cukup mudah melalui aplikasi resmi. Selain melalui aplikasi bisa juga melalui website resmi Tiktok Shop. Lengkapi dokumen verifikasi yang diperlukan sehingga bisa segera berjualan. Lakukan promosi yang diperlukan agar produk bisa menjangkau banyak orang dan penjualan dapat meningkat.