Home Nasional Cara Daftar CPNS 2022 dan PPPK Resmi BKN Pemerintah

Cara Daftar CPNS 2022 dan PPPK Resmi BKN Pemerintah

0
Cara Daftar CPNS 2022 dan PPPK Resmi BKN Pemerintah
Foto: galamedia.pikiran-rakyat.com

PNS masih menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati masyarakat. Cara daftar CPNS 2022 biasanya dilakukan secara online melalui website resmi SSCASN. Sayangnya untuk tahun 2022 lowongan CPNS tidak dibuka. Pemerintah saat ini fokus merekrut untuk formasi PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Pemerintah mengungkapkan bahwa ini dilakukan karena berkaca dari negara maju. Di negara-negara maju, jumlah PNS lebih sedikit dari pekerja pemerintah atau PPPK.

Baca: Mau Cari Pasangan? Ini 5 Aplikasi Cari Jodoh Populer

Pemerintah belum memastikan kapan akan membuka lowongan CPNS. Namun masyarakat tetap bisa mempersiapkan diri untuk tahun-tahun berikutnya. Jika memiliki spesifikasi pendidikan yang sesuai bisa juga mencoba mengikuti seleksi PPPK. Cara daftar seleksi PPPK serupa dengan seleksi CPNS. Berikut ini cara daftar CPNS 2022 atau PPPK 2022:

  1. Mendaftar akun di website SSCASN

Pelamar perlu membuat akun di website resmi SSCASN. Pastikan bahwa yang dibuka memang website dari BKN dengan alamat sscasn.bkn.go.id. Buat akun menggunakan NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang tertera di KTP. Pembuatan akun hanya bisa dilakukan di waktu tertentu atau saat pendaftaran dibuka.

  1. Login ke akun SSCASN
READ:  Pembangkit Listrik Tenaga Thorium: Solusi Energi Masa Depan

Setelah berhasil membuat akun selanjutnya login menggunakan password yang telah dibuat. Selanjutnya perlu melengkapi biodata yang diperlukan. Siapkan file swafoto untuk diunggah. Perhatikan ukuran dan ketentuan untuk swafoto yang perlu diunggah.

Lihat: Lowongan Kerja SMK Terbaru di Perusahaan Swasta dan Dinas Pemerintahan

  1. Daftar formasi

Selanjutnya ke tahapan daftar formasi yang diinginkan. Bagi PPPK Guru, NIK nantinya akan dicek di data DAPODIK. Ini berupa data kualifikasi pendidikan dan sertifikat pendidik. Lulusan lainnya bisa melakukan validasi kualifikasi pendidikan pada link yang disediakan. Setelah muncul formasi yang sesuai pendidikannya selanjutnya bisa memiliki jabatan yang diinginkan.

  1. Pengisian data dan unggah dokumen persyaratan

Pemilihan formasi dilanjutkan dengan mengisi data yang diperlukan. Siapkan file dokumen untuk diunggah. Perhatikan syarat jenis dokumen dan ukurannya sebelum diunggah. Ada beberapa dokumen yang perlu diketik lebih dulu sesuai ketentuan formasi. Setelah mengunggah semua dokumen selanjutnya cek resume dan akhiri pendaftaran. Selanjutnya akan muncul lembar Cetak Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran Akun.

READ:  Lowongan Kerja SMK Terbaru di Perusahaan Swasta dan Dinas Pemerintahan

Baca: Begini Cara Dapat BLT Anak Sekolah Rp4,4jt Tahun 2022 Bisa Cair

  1. Seleksi Administrasi

Cara daftar CPNS 2022 atau PPPK 2022 melalui tahapan seleksi administrasi. Seleksi ini dilakukan oleh instansi terkait. Jika PPPK guru maka dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Untuk PNS bisa diseleksi oleh instansi untuk jabatan yang dipilih. Seleksi ini memeriksa data serta dokumen pendaftaran apakah sudah sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan. Pelamar nantinya bisa lulus atau tidak lulus dalam seleksi administrasi ini.

  1. Seleksi Kompetensi

Setelah lulus seleksi administrasi selanjutnya tahapan seleksi kompetensi. Seleksi ini dilakukan di lokasi-lokasi tertentu sesuai dengan jabatan yang dipilih. Bagi CPNS, ada dua tahapan seleksi yaitu Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang. Bagi PPPK Guru jenis seleksinya yaitu Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Pertama, Kesempatan Kedua, dan Kesempatan Ketiga.

READ:  Pembangkit Listrik Tenaga Thorium: Solusi Energi Masa Depan

Lihat: Mau THR Lebaran? Cairkan Aja Dana Bantuan Sosial Pemerintah Ini

  1. Pengumuman Kelulusan

Pelamar yang telah mengikuti seleksi sampai tahapan terakhir selanjutnya bisa menunggu pengumuman hasil pada tanggal yang ditentukan. Pelamar yang dinyatakan lulus selanjutnya bisa melakukan pemberkasan. Masyarakat yang ingin mendaftar CPNS atau PPPK perlu melakukannya sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan pemerintah. Cara daftar CPNS 2022 atau PPPK ini bisa dilakukan melalui online secara resmi. Pendaftaran dilakukan secara gratis, pelamar hanya perlu menyiapkan data dan dokumen sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Seleksi dokumen termasuk tahapan seleksi administrasi sehingga perlu menyiapkan dokumen dengan tepat agar bisa lolos.